Persiapkan Pekerja Profesional, YHC- Unima Teken MoU

YPEKANEWS||Manado – Yayasan Hidup Cemerlang ( YHC) bersama Universitas Negeri Manado ( Unima) di Tondano melakukan penandatanganan Memorandum Of Understanding ( MoU) untuk mempersiapkan generasi muda Minahasa Raya menjadi tenaga kerja profesional di Hotel Luwansa, Jumat (15/10/2021).

Letnan Jenderal TNI (Purn.) Johny Josephus Lumintang mewakili YHC dan Rektor Unima Prof DR Deitje A. Katuuk MPd menandatangani MOU disaksikan jajaran Unima dan para pendiri YHC.

Ketua Dewan Pembina Letjen TNI Purn Johny Lumintang YHC dalam sambutannya mengatakan pendidikan sangat penting untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas. Selain itu, pendidikan akan melahirkan kesetaraan.

“ YHC bersama Unima akan mempersiapkan SDM unggul dan tenaga kerja profesional. Banyak permintaan tenaga kerja ke luar negeri, generasi muda Minahasa harus menangkap peluang ini, ” kata Lumintang mantan Dubes RI untuk Filipina ini.

Sementara itu, Prof DR Deitje A. Katuuk MPd mengapresiasi internal Yayasan Hidup Cemerlang yang memiliki para pendiri yang adalah tokoh Kawanua hebat dan sangat peduli dengan kondisi pendidikan di Sulawesi Utara khususnya Tanah Minahasa Raya.

” Unima saat ini telah siap untuk menciptakan SDM profesional dibidang pendidikan dan sains. Pengembangan SDM ini harus memiliki karakter sehingga mampu menjadi pelopor dan penggerak di era 4.0 dan era society 5.0,” kata Rektor Katuuk.

Rektor Katuuk berharap, kerjasama dengan YHC ini akan berjalan dengan baik. ” Dalam waktu dekat sebagai implementasi dari MoU ini dibutuhkan pembahasan terkait tolak ukur mengembangkan SDM, serta apa yang dibutuhkan YHC,” ujar Rektor.

Sebelumnya Sekretaris YHC Jemmy Mongan memperkenalkan para pendiri YHC yang peduli dengan pendidikan di Tanah Minahasa. Mereka adalah Letjen TNI Purn Johny Lumintang, Bacelius Ruru, Prof Dr Gayus Lumbuun, Imanuel Robert Inkiriwang, Dr Tilly Kasenda, Jeffry A Dendeng, Jemmy Mokolensang, Ir Michael Kirangen, Jesse Moningka, dan Albert Legoh.

Anggota Dewan Penasehat Jemmy Mokolensang SH mengatakan YHC memiliki visi besar menjadikan Minahasa Raya sebagai pusat pendidikan dan pelatihan di Indonesia Timur, mengelaborasi tenaga kerja yang profesional.

” Tahap awal, YHC akan mendirikan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Vokasi untuk mempersiapkan generasi muda Minahasa yang ingin bekerja di luar negeri Jepang, Korea, Taiwan juga Amerika Utara dan Eropa,” jelas Mokolensang yang juga adalah staf khusus Gubernur Sulut ini.

Dikatakan Mokolensang, saat ini YHC telah melakukan kerjasama dengan SMK Negeri Ratahan. ” Program ini akan dimulai dari Ratahan, Minahasa Tenggara,” ungkap pemilik Jemmy Mokolensang Law Firm dan diiya kan Letjen Lumintang saat diwawancarai usai acara. (*/stb)

Share This Post